Beberapa Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

 Beberapa Bahaya Merokok Batgi Kesehatan

Beberapa Bahaya Merokok Bagi Kesehatan yang perlu anda perhatikan. Semua dari kita mungkin sudah tau bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, akan tetapi kebanyakan dari kita banyak yang tidak menghiraukannya karena anggapan bahwa mereka baik-baik saja saat merokok atau setelah lama merokok. perlu kita ketahui bersama bahwa bahaya dari rokok setidaknya mulai dapat dirasakan sekitar 15 tahun setelah anda merokok. Jika ada orang yang merokok pada usia 15 tahun berarti dia akan merasakan dampaknya pada usia sekitar 30 tahun, padahal usia tersebut bisa dikatakan merupakan usia emas bagi seseorang dan merupakan usia produktif.

Beberapa Bahaya Merokok Bagi Kesehatan


Di Amerika sendiri ada Lebih dari 440.000 orang meninggal dunia karena rokok setiap tahunnya, dan ada sekitar 100.000 penduduk inggris meninggal akibat rokok. Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di Medical News Today pada 30 Mei 2013, menunjukkan bahwa rata-rata perokok aktif meninggal sepuluh tahun lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak merokok. ini dia beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan oleh rokok:

1. Terdapat Ribuan Zat Beracun Dalam Rokok. Ketika seseorang menghirup kepulan asap rokok memungkinkan  nikotin  masuk ke paru-paru dan  masuk ke dalam aliran darah. bukan hanya nikotin saja zat berbahaya yang dimiliki rokok bahkan ada sekitar  4000 zat kimia yang membentuk asap rokok dan dan kebanyakan dari zat tersebut beracun. Jadi dengan menghirup asap rokok sama dengan anda memasukkan ribuan zat beracun ke dalam tubuh anda. 

2. Penyebab Kaknker Paru-Paru. Sekitar 90 % dari pasien kanker paru-paru mengembangkan penyakit mereka karena merokok. Kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab terbesar kematian akibat kanker di dunia. Bukan hanya kanker paru-paru saja yang mengintai para perokok bahkan ada sekitar 11 jenis kanker yang mengancam para perokok diantaranya kanker kandung kemih, kanker ginjal, Kanker, tenggorokan, kanker mulut, kanker esofagus, Kanker pankreas dan kanker perut.

3. Menyebabkan Serangan Jantung. Rokok merupakan salah satu penyebab utama munculnya penyakit jantung selain karena faktor makanan. Diperkirakan ada sekitar 42.000 kematian akibat penyakit jantung pada perokok pasif. Perokok juga memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit Jantung koroner dibandingkan bukan perokok.

4. Menyebabkan Depresi. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa rokok dapat mengakibatkan perubahan mental dan emosional. Sebuah penelitian di Inggris juga melaporkan bahwa perempuan yang merokok selama masa kehamilan memiliki risiko yang lebih besar mengalami depresi selama kehamilan. Akan tetapi penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memperkuat temuan ini. 

5. Menurunnya Fungsi Otak. Merokok selama masa kehamilan dapat memiliki efek yang buruk pada otak bayi anda. Bagi ibu hamil  memiliki resiko Anak-anak mereka cenderung memiliki gangguan belajar, masalah perilaku, dan IQ yang relatif rendah.

6. Menyebabkan Keguguran. Sebenarnya bahaya rokok bukan hanya untuk ibu hamil saja, karena seorang wanita yang merokok juga memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kemandulan, akan tetapi bahaya yang mengintai seorang ibu hamil akan lebih besar. Seoramg ibu yang merokok juga memiliki resiko lebih besar untuk mengalami keguguran, pendarahan, prematur pada bayi dan mengalami cacat. 

7. Menyebabkan Disfungsi Ereksi. Bahaya lain yang dapat ditimbulkan oleh rokok adalah terganggunya alat reproduksi pria. Merokok diketahui dapat mengurangi sirkulasi darah, hal tersebut dikarenakan menyempitnya pembuluh darah arteri. Oleh karena itu, perokok memiliki resiko 10 kali lebih besar terkena penyakit pembuluh darah, termasuk disfungsi ereksi/impotensi.  

8. Berefek Buruk Pada Anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa asap rokok dapat menyebabkan kerusakan permanen pada struktur arteri. Oleh karena itu sebaiknya bagi para orang tua untuk meninggalkan kebiasaan buruk merokok ini terutama jika sedang di rumah bersama keluarga mengingat bahaya yang dapat ditimbulkan.

Setelah anda tau begitu banyak bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, apakah anda masih ingin merokok? memang meninggalkan kebiasaan buruk seperti merokok tidak semudah yang kita bayangkan akan tetapi untuk kesehatan saya rasa memang harus kita usahakan.

Sumber : http://khasiatmanfaatsehat.blogspot.com/

Beberapa Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More